separate
  • GERAKAN PRAMUKA
  • RACANA RADEN INTAN - PUTERI SILAMAYA GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 033 GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 034 UNIVERSITAS LAMPUNG
    logo

    TERBENTUKNYA GUGUS DEPAN BL.11.033-034 UNIVERSITAS LAMPUNG


    SEKAPUR SIRIH

    TERBENTUKNYA GUGUS DEPAN BL.11.033-034 UNIVERSITAS LAMPUNG

    RACANA RADEN INTAN – PUTERI SILAMAYA

    Gugus depan pramuka diresmikan berdirinya pada tanggal 2 februari 1982 dengan nomor gudep G 525 – 526 awalnya terjadi perebutan pengakuan terhadap gudep ini karena pada saat itu wilayah keberadaan kampus ada dibawah kabupaten lampung selatan sementara seluruh mahasiswa ber ktp Bandar Lampung. Bersyukur pada tahun 1983 wilayah kecamatan kedaton tempat keberadaan kampus Universitas Lampung masuk menjadi wilayah Kota Bandar Lampung maka nomor gudep berubah menjadi BL 11. 033 – 11. 034. berdirinya gugus depan ini membawa misi sebagai wadah tumbuh kembangnya kader-kader dan pembinan pramuka profesional serta calon-calon pemimpin bangsa yang akan membawa bangsa ini kearah yang lebih baik.
    Gugus depan ini adalah gugus depan yang berpangkalan diperguruan tinggi yang pertama diresmikan diluar pulau jawa. Rintisan berdirinya gudep ini dimulai pada akhir tahun 1976 .Kegiatan awal pertemuan dan latihan kepramukaan diikuti oleh 15 orang mahasiswa FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada pertemuan kedua diikuti oleh 29 orang teman mahasiswa dari jurusan yang berbeda. Pada bulan kedua kegiatan didukung penuh oleh dekan (Drs. Baichaki N) dan senat mahasiswa FIP (muhajir). Pada awal tahun 1977 kegiatan kepramukaan diikuti lebih dari 60 orang dari semua jurusan dan semua angkatan.
    Pada tahun 1978 diadakan seminar tentang pramuka mahasiswa gugus depan yang berpangkalan di perguruan tinggi dan disepakati secara Nasional pembentukan gugus depan di perguruan tinggi. Kesepakatan ini menelurkan SK Kwarnas No 106-107 tahun 1978 tentang pola pembinaan pramuka diperguruan tinggi dan penjajagan kerjasama dengan dirjen dikti. Sementara itu kegiatan pramuka di universitas lampung tahun 1978 sudah diikuti oleh dua fakultas, karena diminta oleh dekan (Drs. M. Husin Sayuti) dan ketua senat fakultas keguruan (Budi) agar kegiatan kepramukaan dijadikan kegiatan bersama mahasiswa FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan) dan FK (Fakultas Keguruan).
    Pada tahun 1987, diakhir tahun ini terjadi pembekuan seluruh kegiatan mahasiswa kecuali kegiatan kepramukaan tetap berjalan. Pengurus di undang PR III (Drs. Mujiono Irsyad) untuk mendiskusikan dan meminta agar kegiatan kepramukaan dijadikan kegiatan tingkat universitas. Pada tahun 1979 kegiatan kemahasiswaan diganti dengan Badan Kordinasi Kemahasiswaan Normalisasi Kehidupan Kampus (BKK- NKK). Kepramukaan menjadi salah satu unit kegiatan kemahasiswaan, Kak Syahrial Alamsyah,SH,MH dan Kak Drs. Hermawati CA Suarno menjadi ketua Racana Universitas Lampung yang pertama, kegiatan dan latihan kepramukaan mulai diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh fakultas yang ada di Unila. Dalam satu pertemuan Nasional BKK-NKK pengurus UKM Pramuka Unila mengusulkan agar ada dana khusus untuk unit kegiatan kemahasiswaan termasuk unit kegiatan kepramukaan.
    Pada tahun 1980 Kak Syahrial Alamsyah dan Kak Hermawati di undang ke Bandung untuk mengikuti pertemuan pramuka mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi se- Indonesia. Sementara itu proses pendirian gugus depan terus diusahakan. Setiap pertemuan 3 bulanan di DKN Kak Hermawati yang juga anggota DKN manfaatkan untuk berkonsultasi dengan andalan Nasional (kak Liem Beng Kiat, Bunda Bunakim) dan kalemdikanas (kak Sri Suprapto). Pada pertengahan 1981 membenahi dan menata struktur kepengurusan gugus depan dan dicatur wulan ketiga tahun 1981 diadakan kursus pembina bagi pembina dan dosen unila yang dipimpin oleh kak Sri Suprapto Ka lamdikanas.
    Pada tanggal 2 Februari 1982 Gugus depan G 525 – 526 di resmikan berdirinya dan rektor unila kakak Prof. Dr Margono Slamet dilantik Ka Kwarda (Subkie E. Harun) sebagai Ka Mabigus dan PR III Drs. Mujiono Irsyad sebagai ka gudep, dan Kak Syahrial Alamsyah,SH,MH dan Kak Drs. Hermawati CA Suarno. Sampai Lustrum V tahun 2007 ini telah 7 (tujuh) kali mugus dan 25 kali musyawarah racana. Saat ini dengan masuknya Kecamatan Kedaton ke Bandar Lampung maka nomor gudep telah berubah menjadi BL 11.033 – 11.034.
    Sejak berdirinya gudep sampai saat ini telah banyak menelurkan tokoh-tokoh pemuda, peserta pertukaran mahasiswa dan pramuka keluar negeri antara lain ke ASEAN, Australia, Korea, Cina, dan Inggris. Racana memiliki Drumband, kegiatan yang dilaksanakan cukup diperhitungkan oleh UKM lain dan berpartisipasi aktif dalam Tri Darma Perguruan Tinggi baik Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat.
    Sumber
    Penulis : Drs. HJ. Hermawaty Cik Aman Suwarno
    Dalam : Laporan Pengembangan Pembinaan di Gugusdepan Bandar Lampung 11.033 – 11.034 Universitas Lampung tahun 2007 (hal 4-5)

    0 komentar:

    logo
    Copyright © 2015 UKM PRAMUKA UNIVERSITAS LAMPUNG.