separate
  • GERAKAN PRAMUKA
  • RACANA RADEN INTAN - PUTERI SILAMAYA GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 033 GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 034 UNIVERSITAS LAMPUNG
    logo

    MAU JADI REPORTER HANDAL? INI TIPS DAN TRIKNYA



    Menjelang Peringatan hari Hari Ulang Tahun Ke 37 Pramuka Universitas Lampung, Mengadakan Kegiatan Lokabina Karana Adiguna Tahun 2019 didalamnya terdapat kegiatan Lomba Reportasi.

    Dalam Jurnalistik tentunya tidak lepas dari reportasi yang berfungsi sebagai pencarian dan penyampaian sebuah berita yang telah didapatkan, Nah Berikut tips dan Trik Menjadi Reportasi handal:
    1.       Rajin Membaca
    Menjadi reporter tentunya harus mulai dari rajin membaca karena hal ini menjadi hal penting yang harus dimiliki seorang jurnalis, oleh karena itu mulailah belajar dari saat ini untuk terbiasa membaca
    2.       Rasa Ingin Tau Yang tinggi
    Rasa Ingin tau ini penting, karena seorang jurnalis harus terus belajar yang baru agar selalu mendapatkan informasi yang akurat,tepat dan berimbang untuk disampaikan kepada masyarakat.
    3.      Public Speeking
    Komunikasi dalam jurnalisme menajdu hal utama, hal ini berguna saat mulai mencari dan menyapaikan berita. Jadi mulailah latih bebicara dan komunikasi yang baik dari sekarang
    4.      Percaya Diri.
    Seorang jurnalis haruslah mempunyai percaya diri, tidak demam panggung, karena mereka akan bertemu dengan berbagai kalangan.

    Selain keempat hal diatas yang perlu diasah dari seorang jurnlis/reporter adalah:

    a.      Pahami Teknik Wawancara
    Wawacara perlu dipahami jurnalis, baik dari segi Dress Code saat akan wawancara, kemudian meriset calon narasumber, dan terpenting mulailah berbicara terlebih dahulu sebelum mengelurkan catatan-catatan.
    b.      Latih dengan menulis
    Menjadi hal wajib diera teknologi saat ini seorang reporter harus bisa menulis dimanapun tempatnya sebagai catatan saat akan mulai reportase.

    Contoh  Reporter Cilik dari adik Abdul Karim dibawah ini:








    0 komentar:

    logo
    Copyright © 2015 UKM PRAMUKA UNIVERSITAS LAMPUNG.