separate
  • GERAKAN PRAMUKA
  • RACANA RADEN INTAN - PUTERI SILAMAYA GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 033 GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 034 UNIVERSITAS LAMPUNG
    logo

    APA SIH PRAMUKA GARUDA ITU?


    Pelatikan Pramuka Garuda Tahun 2017
    Pramuka Universitas Lampung
    Dalam Gerakan Pramuka terdapat beberapa Tanda Kecakapan yang akan diperoleh oleh anggotanya, baik Tanda Kecakapan Umum Maupun Tanda Kecakapan Khusus, Salah Satu Tanda Kecakapan Umum adalah Tanda Kecakapan Garuda. Pramuka Garuda merupakan sebutan bagi pramuka yang telah menyelesaikan tingkat kecakapan tertinggi pada jenjang pendidikan (golongan) masing-masing. Pramuka Garuda adalah seorang pramuka yang dapat menjadi teladan serta telah memenuhi Syarat Pramuka Garuda dan memiliki Tanda Pramuka Garuda.

    Tanda Pramuka Garuda merupakan tanda kecakapan tertinggi yang diberikan kepada seorang peserta didik  pramuka yang memenuhi syarat Pramuka Garuda. Dasar hukum dan panduan penyelenggaraan pramuka garuda diatur berdasarkan SK Kwartir Nasional Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

    Pramuka Garuda dibedakan dalam empat golongan sesuai dengan jenjang pendidikan dalam gerakan Pramuka. Keempat golongan tersebut adalah:
    1.       Pramuka Garuda untuk Siaga
    2.       Pramuka Garuda untuk Penggalang
    3.       Pramuka Garuda untuk Penegak
    4.       Pramuka Garuda untuk Pandega
    Pelatikan Pramuka Garuda Tahun 2015
    Pramuka Universitas Lampung

    Apa Sih Syaratnya?
    Seorang peserta didik yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum  tingkat terakhir dalam golongannya (Siaga Tata, Penggalang Terap, Penegak Laksana, atau Pandega) berhak untuk mengajukan diri menjadi pramuka garuda.
    Pengujian Syarat Pramuka Garuda dilakukan oleh sebuah tim penguji yang dibentuk oleh Kwartir berdasarkan pengajuan pembina gudep pramuka yang bersangkutan. Tim penguji ini terdiri atas pelatih pembina, pembina gugusdepan, andalan kwartir, orang tua, dan tokoh masyarakat. Tim penguji melakukan penilaian terhadap calon pramuka garuda secara perorangan yang dilakukan dengan cara wawancara langsung, pengamatan langsung, serta membaca dan mendengarkan dari pihak ketiga.
    Lencana Pramuka Garuda

    Seperti Apa Tandanya?
    Taanda Pramuka Garuda berbentuk Segi Lima dengan Setiap Sisi 2,5 cm, berbingkai kuning emas. Ditengah terdapat burung Garuda sedang mengepakkan sayapnya serta logo  Gerakan Pramuka di dada burung garuda tersebut, kedua kakinya mencengkram sehelai pita bertuliskan "SETIA - SIAP - SEDIA.

    0 komentar:

    logo
    Copyright © 2015 UKM PRAMUKA UNIVERSITAS LAMPUNG.