separate
  • GERAKAN PRAMUKA
  • RACANA RADEN INTAN - PUTERI SILAMAYA GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 033 GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 034 UNIVERSITAS LAMPUNG
    logo

    YUK MENGENAL ATAS (WOSM's Association of Top Achiever Scouts)

    Inagurasi ATAS di Cibubur Tahun 2016
     ATAS atau Asosiasi Pramuka Garuda Dunia (WOSM's Association of Top Achiever Scouts) merupakan asosiasi pramuka dengan predikat atau golongan tertinggi di seluruh dunia. Atau bisa dikatakan, ATAS merupakan Asosiasi Pramuka Garuda sedunia. ATAS dibentuk sebagai organisasi untuk mempersatukan pramuka dengan golongan tertinggi di wilayah Asia Pasifik saja.

    Pembentukan dilaksanakan saat Asia-Pasifik Regional Scout Conference ke 21 di Brunei Darussalam (6 - 11 Desember 2004). Pada pertemuan itu, tepatnya pada 10 Desember 2004, sebanyak 41 pramuka dari 16 Negara peserta 21st APR Scout Conference sepakat untuk membentuk ATAS (WOSM's Association of Top Achiever Scouts atau Asosiasi Pramuka Garuda Dunia). Pada Juli 2004, ATAS yang semula hanya ditujukan pada pramuka di negara Asia Pasifik selanjutnya diakui oleh WOSM dan diperuntukkan bagi pramuka garuda di seluruh dunia. kata 'atas' sendiri selain merupakan akronim (singkatan) juga diambil dari bahasa Melayu yang mempunyai arti 'tinggi'.

    Bendera ATAS Asosiasi Pramuka Garuda Dunia
    (WOSM's Association of Top Achiever Scouts)

    Tujuan dari ATAS antara lain:
     Memperkuat persuadaraan  serta melanjutkan hubungan yang kuat antar sesama anggota 
     Membantu serta mendukung tugas kerja Gerakan Pramuka dari seluruh dunia.
     Membangun hubungan sesama anggota dalam rangka saling berbagi pengetahuan & pengalaman.

    Keorganisasian dari asosiasi ini terdiri atas Chairman, Vice Chairman, Sekretaris, Bendahara, Direktur Progam, dan Direktur Keanggotaan. Chairman ATAS saat ini adalah Simon Hang-Bock Rhee. Sedangkan keorganisasian ATAS di Indonesia (liason officer) dikelola oleh Kak Rio Ashadi sebagai ATAS Coordinator for Indonesia dan Kak Ari Wijanarko sebagai Executive Secretary ATAS Indonesia.

    Syarat dan cara registrasi menjadi anggota ATAS cukup mudah dan gratis. Mekanisme registrasi atau pendaftaran anggota ATAS adalah sebagai berikut:
     Mengisi formulir dan berkas registrasi yang dilengkapi dengan:
     Scan Formulir Pendaftaran
     Soft Copy Foto Diri
     Scan Piagam Pramuka Garuda
     Scan Kartu Tanda Anggota Pramuka
     Scan Tanda Tangan Diri
     Kirimkan formulir dan berkas pendaftaran ke email: indonesia.atas@gmail.com
     Formulir dan berkas registrasi kemudian dicek kelengkapan dan keasliannya oleh liason officer ATAS Indonesia.
     Setelah lengkap, berkas dikirim ke Direktur Keanggotaan ATAS Dunia.
     ATAS Dunia menerbitkan nomor anggota.

    Nomor anggota dikirimkan oleh ATAS Dunia bersama ucapan selamat via email. Sedangkan untuk bagde ATAS akan diberikan pada saat pelaksanaan inagurasi (pelantikan) atau acara gathering ATAS oleh pengurus ATAS Dunia.

    0 komentar:

    logo
    Copyright © 2015 UKM PRAMUKA UNIVERSITAS LAMPUNG.