separate
  • GERAKAN PRAMUKA
  • RACANA RADEN INTAN - PUTERI SILAMAYA GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 033 GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 034 UNIVERSITAS LAMPUNG
    logo

    UKM PRAMUKA UNILA KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH DI HARI SUMPAH PEMUDA

    Mengingat 85 tahun yang lalu dinegeri ini telah terjadi sebuah perkumpulan yang begitu menggoyahkan pemuda-pemudi Indonesia. Atas perkumpulan pemuda-pemudi Indonesia ini lahirlah sebuah kongres yang dikenal dengan sebutan sumpah pemuda. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan.

    Pertama:
    Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
    Kedoea:
    Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
    Ketiga:
    Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

    itulah bunyi sumpah pemuda yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia dan sebagai awal mula kesadaran bangsa tercipta. Universitas Lampung tidak akan tinggal diam dengan hari sumpah pemuda sehingga diadakan upacara bendera. UKM Pramuka Unila diberi kepercayaan untuk mengibarkan bendera merah putih di lapangan dan berjalan sukses. Pada tema sumpah pemuda kali ini adalah "Dengan Sumpah Pemuda Kita Wujudkan Pemuda Yang Santun, Cerdas, Ispiratif, dan Berprestasi"

    0 komentar:

    logo
    Copyright © 2015 UKM PRAMUKA UNIVERSITAS LAMPUNG.