separate
  • GERAKAN PRAMUKA
  • RACANA RADEN INTAN - PUTERI SILAMAYA GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 033 GUGUSDEPAN BANDAR LAMPUNG 11 - 034 UNIVERSITAS LAMPUNG
    logo

    LOKABINA KARANA ADHIGUNA TAHUN 2015




    UKM PRAMUKA UNILA NEWS
    PELAKSANAAN  KEGIATAN  LOKABINA KARANA ADHIGUNA TAHUN 2015


     

    Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda. Pendidikan formal di sekolah tidaklah cukup untuk mendidik karakter peserta didik. Pendidikan formal kebanyakan hanya mendidik aspek kognitif dari peserta didik. Sedangkan dalam kepramukaan, terdapat berbagai macam aspek pembelajaran, dari aspek spiritual, emosional, sosial, jasmani dan rohani yang bertujuan untuk pembentukan karakter seorang anggota pramuka yang pada akhirnya pembentukan karakter bagi anak bangsa, untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya program binaan dan pendidikan kepada anggota pramuka di masing-masing gugusdepan.

    Gugusdepan Gerakan Pramuka Bandar Lampung 11 - 033 11 - 034, Racana Raden Intan – Puteri Silamaya menyelenggarakan kegiatan yang mengarah pada penumbuhan sikap sportif, disiplin, kreatif, berfikir positif, dan tanggung jawab serta wahana silaturahmi guna mempererat jalinan persaudaraan antar anggota Gerakan pramuka, yang selanjutnya disebut dengan Lokabina Karana Adhiguna tahun 2015 Racana Raden Intan – Puteri Silamaya. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin di setiap tahunnya, yang merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Gugusdepan Gerakan Pramuka Bandar Lampung 11 - 033 11 - 034. Kegiatan ini mengusung tema “Membentuk Karakter Muda Melalui Kompetisi yang Sportif Guna Mewujudkan Gugusdepan Terakreditasi” dengan motto “Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Baktikan”.

     
    Dasar dari kegiatan ini adalah:
     1.    Keputusan Bersama Ditjen Dikti dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 047/DJ/Kep/1981 dan Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 021/KN/1981 tentang Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Gugusdepan Pramuka yang berpangkalan di Kampus Perguruan Tinggi.
     2.    Hasil MUNAS 011/Munas/2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
    3.    Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 180A Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Gugusdepan Gerakan Pramuka yang Berpangkalan di Perguruan Tinggi.
    4.    Keputusan Kwartir Nasional No. 176 Tahun 2013 tentang Pola dan Mekanisme Pramuka Penegak dan Pandega.
    5.    Edaran Dirjen Depdikbud RI tentang Pedoman Pola Pengembangan Kemahasiswaan (Polbangmawa) Tahun 2012.
    6.    Keputusan Rektor Unila No. 080/KPTS/R/1982 tentang Pembentukan dan Pengukuhan Gugusdepan Universitas Lampung.
    7.    Program kerja Racana Raden Intan – Puteri Silamaya Gugusdepan Bandar Lampung 11 - 033 11 - 034 pangkalan Universitas Lampung masa bakti 2014 - 2015.

    Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah:
    1.         Membentuk karakter kaum muda melalui kompetisi yang sportif guna mewujudkan Gugusdepan terakreditasi.
    2.         Menggalang persatuan, kesatuan dan persaudaraan antar anggota Gerakan Pramuka se-Sumatera dan Jawa.
    3.         Terciptanya sarana kegiatan menarik yang mengandung unsur pendidikan bagi Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK dan MK).
    4.         Terciptanya sarana berbagi pengetahuan dan metode pembinaan peserta didik.
    5.         Sebagai ajang evaluasi keberhasilan program latihan dan pembinaan yang telah dilaksanakan di masing-masing Gugusdepan.
    6.         Mempererat persaudaraan dan silaturahmi keluarga besar Gugusdepan Bandar Lampung 11 - 033 11 – 034 Pangkalan Universitas Lampung.
    7.         Terbinanya keterampilan anggota Racana Raden Intan – Puteri Silamaya dalam manajemen kegiatan.
    8.         Memperingati HUT ke-51 Provinsi Lampung.
    9.         Memperingati HUT ke-33 Gugusdepan Bandar Lampung 11 - 033 11 – 034 Pangkalan Universitas Lampung.

    Kegiatan ini dilaksanakan pada 4-5 April 2015 yang bertempat di Lingkungan Universitas Lampung dan sekitarnya.
    Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari pramuka golongan siaga, penggalang, dan penegak se-kwartir daerah lampung serta pramuka golongan pandega  se-sumatera dan jawa dengan rinciian cabang perlombaan sebagai berikut:
    a.    Bazar siaga untuk golongan siaga
    b.    Pbb putera, pbb puteri, pioneering putera, pioneering puteri, senam pramuka, solo song, senam semaphore, kolone tongkat, pidato billingual untuk golongan penggalang
    c.    Sedangkan golongan penegak dan pandega meliputi pbb putera, pbb puteri, joged komando, tata upacara bendera, speech contest, cerdas tangkas pramuka, perkusi, mading, stand up comedy, dan debat

    Dengan rincian peserta golongan siaga sebanyak  78  peserta, golongan penggalang sebanyak  1289  Peserta, golongan penegak dan pandega sebanyak  2204 peserta, sehingga jumlah keseluruhan peserta adalah 3571.
    Panitia kegiatan ini yaitu berjumlah 50 panitia, dengan Ketua Plaksana Kegiatan yaitu Tri Yoga Pangestu Fakultas Hukum Universitas Lampung angkatan 2013.
    Kegiatan ini dubuka oleh Kakak  Hannibal, S.H., M.H. selaku Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Lampung sedangkan yang menutup kegiatan ini adalah Kakak Ir. Suarno sadar . selaku Sekretaris Gugusdepan.


    PENGUMUMAN SEKAP NILAI PERLOMBAAN 


    KLIK POTO-POTO PERLOMBAAN..


    0 komentar:

    logo
    Copyright © 2015 UKM PRAMUKA UNIVERSITAS LAMPUNG.